Demi Kemulusan  Maka Komedo Harus Dimusnahkan di Atas Wajah karena Tidak sesuai dengan Keindahan, Ini 8 Cara Menghilangkannya? Simak Yuk

Ilustrasi (Dok:Net)

 

JAKARTA (SURYA24.COM)- Seperti diketahui komedo adalah masalah kulit yang umum terjadi pada banyak orang, terutama pada remaja dan dewasa muda. Komedo terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak atau sel kulit mati. Terdapat dua jenis komedo, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead).

Komedo terbuka memiliki warna hitam karena paparan udara yang menyebabkan oksidasi pada minyak yang menyumbat pori-pori. Sedangkan komedo tertutup memiliki warna putih atau kulit yang terlihat menonjol, karena pori-pori tertutup oleh lapisan kulit. Komedo umumnya muncul pada wajah, tetapi juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya seperti dada, punggung, dan lengan.

Penyebab komedo

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan komedo, termasuk:

-Produksi minyak berlebih: Kulit yang berminyak lebih rentan terhadap komedo karena minyak dapat menyumbat pori-pori kulit.

-Akumulasi sel kulit mati: Sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit juga dapat menyumbat pori-pori.

-Perubahan hormon: Komedo sering terjadi pada masa pubertas ketika hormon berubah dan menghasilkan lebih banyak minyak di kulit.

- Penggunaan kosmetik yang berlebihan: Produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

 

  -Stres: Stres dapat memicu produksi hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit.

Cara mengatasi komedo

Untuk mengatasi komedo, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

Membersihkan wajah secara teratur: Membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari dapat membantu mengurangi produksi minyak dan menghilangkan sel kulit mati.

 Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai: Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan menggunakan produk yang terlalu berat atau mengandung minyak yang dapat menyebabkan penumpukan pada pori-pori.

 Hindari mengorek komedo: Mengorek komedo dapat merusak kulit dan menyebabkan infeksi.

Hindari produk kosmetik berlebihan: Gunakan produk kosmetik seperlunya dan hindari produk yang terlalu berat atau mengandung minyak.

 Konsultasi dengan dokter kulit: Jika Anda memiliki masalah kulit yang lebih serius, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

8 Cara Menghilangkan Komedo dengan Produk Skincare

Dikutip dari merdeka.com, bBagaimana cara menghilangkan komedo yang efektif dan benar? Anda yang bermasalah dengan komedo whitehead maupun blackhead mungkin sudah sering mempertanyakan hal ini.

Cara menghilangkan komedo yang paling aman untuk dilakukan di rumah adalah memanfaatkan produk-produk skincare. "Untungnya ada banyak sekali produk di pasaran yang memiliki kandungan efektif untuk mengeksfoliasi, melunakkan, dan mengangkat komedo," kata dokter kulit, Allison Britt Kimmins, MD, MPH kepada Healthline (24/6/2020).

Jadi, bagaimana cara menghilangkan komedo dengan produk skincare? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Gunakan Cleanser dengan Kandungan Salicylic Acid

Cara menghilangkan komedo pertama yang bisa dicoba adalah menggunakan produk-produk berkandungan salicylic acid (asam salisilat). Asam salisilat adalah kandungan yang kerap digunakan untuk mengatasi komedo karena bisa menguraikan minyak berlebih dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Coba gunakan pembersih atau cleanser yang mengandung asam salisilat sekali saja sehari untuk permulaan. Gunakan di malam hari, kemudian gunakan pembersih biasa di pagi hari. Jika kulit sudah terbiasa, Anda bisa menggunakannya pagi dan malam.

Kekurangan:

Cleanser dengan kandungan salicylic tidak bisa digunakan setiap hari jika Anda pemilik kulit sensitif.

Contoh produk:

Cara Menghilangkan Komedo Putih yang Membandel, Patut Dicoba

COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser (150 ml) - Rp155.000

Breylee Salicylic Acid Cleansing Pads - Rp59.000

SOOK SOOK Calming Cleanser with Centella & Salicylic Acid (60 ml) - Rp109.900

2. Rutin Pakai Exfoliating Toner

Cara menghilangkan komedo selanjutnya yang bisa dicoba adalah rutin eksfoliasi. Eksfoliasi secara teratur dapat membantu menyapu sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Proses ini juga dapat menghilangkan komedo yang sudah ada dengan lembut.

Daripada menggunakan scrub yang kasar, lebih baik menggunakan toner yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA). Asam glikolat adalah jenis AHA yang paling umum, sementara asam salisilat atau salicylic acid adalah jenis BHA yang paling banyak digunakan.

Kekurangan:

Eksfoliasi dapat memiliki efek negatif pada jerawat meradang, karena proses ini dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, dan inflamasi makin parah.

Contoh produk:

SOME BY MI AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner (100 ml) - Rp190.720

Avoskin Miraculous Refining Toner (100 ml) - Rp195.000

SKINTIFIC 5% AHA/BHA Exfoliating Toner (80 ml) - Rp116.000

4 dari 9 halaman

3. Pilih Chemical Peel

Chemical peel atau peeling kimiawi umumnya dipilih karena manfaat antipenuaannya. Menurut Susan Massick, MD, dokter kulit dan dosen ilmu dermatologi di Ohio State University Wexner Medical Center kepada Healthline, cara menghilangkan komedo yang satu ini biasanya juga mengandung AHA dan BHA, jadi bisa digunakan untuk eksfoliasi.

Kekurangan:

Chemical peel tidak dianggap sebagai perawatan utama untuk menghilangkan komedo. Cara ini mungkin tidak begitu efektif untuk membersihkan komedo dan mengecilkan pori-pori yang membesar dibandingkan dengan metode lain yang disebutkan dalam artikel ini.

Contoh produk:

The Face Shop Smart Peeling Mild Papaya (150 ml) - Rp250.000

NATURE REPUBLIC Skin Soothing Peeling Gel (100 ml) - Rp180.000

Pyunkang Yul Peeling Gel (100 ml) - Rp220.000

4. Pakai Retinoid Topikal

Retinoid bekerja membersihkan pori-pori dengan baik. Kandungan yang satu ini juga efektif memasuki folikel.

Kekurangan:

JIka Anda bermasalah dengan kulit kering, Kimmins menyarankan untuk menghindari retinoid sama sekali.

Contoh produk:

Pond's Age Miracle Ultimate Youth Serum (30 gram) - Rp230.000

Azarine Retinol Complex +5x Ceramide Mighty Serum - Rp99.000

Whitelab Retinoid Care Serum - Rp106.500

5. Rutin Memakai Clay Mask

Clay mask bisa membantu mengangkat minyak dan racun dari kulit, lalu membersihkan pori-pori. Cara menghilangkan komedo ini paling cocok untuk kulit berminyak.

Beberapa jenis clay mask juga mengandung sulfur. Kandungan ini bisa mengurai sel kulit mati yang menyebabkan komedo. Anda bisa menggunakan clay mask seminggu sekali atau dua kali seminggu.

Kekurangan:

Pada beberapa orang, kandungan mineral di dalam clay mask dapat menyebabkan kemerahan temporer. Jenis masker ini juga bisa menjadikan kulit kering terasa ketat dan makin kering.

Contoh produk:

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X (100 ml) - Rp198.000

Freeman Anti-Stress Dead Sea Minerals Clay Mask (175 ml) - Rp166.260

N'pure Centella Asiatica Chocomint Clay Mask (50 gram) - Rp119.000

6. Manfaatkan Pore Strips untuk Solusi Instan

Cara menghilangkan komedo yang cukup efektif dan memberikan hasil instan adalah menggunakan pore strip.

Kekurangan:

Pore strip tak hanya mengangkat komedo, tapi juga minyak dan folikel rambut dari kulit.

Contoh produk:

Biore Pore Pack (4 strips) - Rp14.000

Acnes Mentholatum Pore Strip (3 strips) - Rp13.000

WATSONS Deep Cleansing Nose Pore Strip (10 strips) - Rp65.900

8 dari 9 halaman

7. Gunakan Blackhead Mask untuk Solusi Instan

Penggunaan blackhead mask bisa menjadi cara menghilangkan komedo yang cukup efektif dan memberikan hasil instan.

Kekurangan:

Blackhead mask tak hanya mengangkat komedo, tapi juga minyak dan folikel rambut dari kulit. Kulit kering bisa makin kering, sementara kulit sensitif bisa teriritasi.

Contoh produk:

BREYLEE Step 1 Blackhead Mask (17 ml) - Rp59.000

Azarine Blackhead Remover Mask (7 ml) - Rp50.000

Bioaqua Blackhead Mask (20 ml) - Rp100.000

8. Rutin Menggunakan Charcoal Mask

Seperti halnya clay mask, charcoal mask yang mengandung arang meresap ke dalam kulit dan menyerap minyak berlebih serta kotoran penyebab komedo.

Kekurangan:

Masker berbahan arang atau charcoal mask juga bisa menyebabkan kulit makin kering, terutama jika terlalu lama didiamkan di kulit.

Contoh produk:

Lacoco Amazonian Charcoal Glow Mask (50 ml) - Rp255.000

La Tulipe Acne Charcoal Mask (20 gram) - Rp30.000

Girlpal Deep Cleansing Charcoal Peel-Off Mask (100 gram) - Rp49.000

Demikian beberapa cara menghilangkan komedo dengan produk skincare yang bisa dicoba.

Kesimpulan

Komedo merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada banyak orang. Meskipun tidak berbahaya, komedo dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan merusak penampilan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat dengan membersihkan wajah secara teratur dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai.***